Resep Kentang Goreng Renyah

French Fries

Saya dan keluarga memang hobby ngemil semua. Apalagi putra sulung saya itu. Suatu hari dia menanyakan pada saya mengapa tidak pernah membuat kentang goreng renyah lagi. Sssssttt, dulunya saya memang sering membuat kentang goreng renyah. Tapi kentangnya saya beli kentang beku dari supermarket. Kan boros ya? Pengennya sih bikin sendiri, pake kentang yang biasa di beli di tukang sayur atau beli kiloan di pasar tradisional itu lho. Tapi khawatir nggak bisa serenyah kalau pake kentang beku. Gimana ya caranya? Penasaran banget deh. Untunglah saat blogwalking saya nemu blognya Bunda Putri Ehara. Inilah resepnya yang setelah saya praktekkan, emang top markotop!!

Bahan-bahan:
-Kentang mentega (sebenarnya kentang apa saja jg bisa tapi kentang mentega mempunyai rasa yang lebih enak dan berukuran besar, cocok untuk jadi kentang goreng)
-Air untuk merebus
-Tepung Terigu serbaguna
-Penyedap rasa atau Garam halus, secukupnya
-Minyak goreng, secukupnya

Cara Membuat:
1.Kupas kentang lalu potong berbentuk persegi panjang, kemudian dicuci dalam air bersih yang mengalir (air keran) sampai air cucian kentang terlihat cukup bening. Ini dilakukan untuk menghilangkan getah kentang. Karena getah kentang inilah yang membuat kentang goreng akan cepat menjadi lembek.
2. Rebus air dalam panci, ketika mendidih masukkan kentang yang sudah dicuci, lalu rebus selama 5 menit, angkat, tiriskan.
3. Selagi masih panas taburi kentang dengan tepung terigu dan tambahkan penyedap rasa atau garam sesuai dengan selera.
4. Pastikan tepung menyelimuti seluruh kentang, bila perlu beri tepung lebih banyak.
5. Simpan kentang yang telah di baluri tepung dalam wadah tertutup lalu simpan didalam freezer kulkas selama 1 jam atau lebih sebelum digoreng.
6. Panaskan minyak goreng hingga benar-benar panas, gunakan api sedang. Goreng kentang hingga seluruh bagian kentang terendam minyak. Bolak-balik kentang sampai matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
7. Kentang goreng siap disajikan dengan tambahan saus sambal atau mayonais.

Tips:
1. Jangan menambahkan tepung beras atau aci walaupun dapat membuat gorengan semakin renyah.
2. Kentang dapat disimpan di freezer hingga 2 minggu.
3. Pastikan selalu menggoreng dengan menggunakan minyak yang masih baru agar hasil kentang goreng lebih renyah dan bersih.
4. Masukkan kentang dalam minyak yang benar-benar panas, dan selalu gunakan api sedang agar kentang tidak cepat gosong.
5. Agar tidak berminyak, sebelum disajikan kentang yang sudah digorang ditiriskan dahulu, alasi dengan kertas tisu agar minyak menyerap ke kertas tisu, baru sajikan.
6. Bila suka setelah digoreng kentang bisa diberi tambahan bubuk cabe untuk rasa yang lebih pedas atau bumbu bubuk kentang goreng lainnya sesuai selera anda.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply