Tips Mengatasi Nyeri Haid atau PMS

Pra Menstrual Syndrom
Bete, nyebelin, pemarah dan sebagainya biasanya adalah beberapa keluhan yang dirasakan oleh seorang wanita yang menderita PMS. Itu baru dari segi psikologis aja lho. Belum termasuk keluhan  fisik yang lain. Hmmm..kenapa ya wanita harus mengalami hal-hal seperti itu? Setiap bulan lagi. Ada juga sih wanita yang tidak mengalami derita PMS ini. kok bisa? PMS itu apa sih sebenernya?? Yuk, dibaca ajalah informasi dan tips mengatasi PMS berikut ini.
Pre MenstruasiMengenali Siklus Menstruasi Atau Haid. Read more ... » Syndrom (PMS) biasa dialami oleh tiga dari empat wanita. Dua pekan menjelang menstruasi, seorang wanita bisa mengami 150 gejala yang aneh-aneh. Ada yang mengeluh mual, kembung, sakit payudara, jerawatCara Menghilangkan Jerawat. Read more ... », perubahan mood atau bahkan kehilangan nafsu makan. PMS sudah pasti membuat para wanita tidak nyaman. Apa sih penyebab PMS? Menurut beberapa penelitian, sebelum menstruasi, wanita mengalami perubahan tingkat hormon estrogen dan progesteron. Ada pula laporan yang mengatakan PMS disebabkan karena menurunnya serotonin. Serotonin adalah zat kimia otak yang membuat mood menjadi baik. Kehilangan serotonin bisa membuat para wanita merasa galau.
Berikut ini Tips Mengatasi PMS, yaitu :
1. Konsumsi Banyak Serat
Jika tubuh mendapatkan serat yang cukup (30-35 gram), tubuh akan membuat buang air besar menjadi teratur. Kelebihan estrogen dalam tubuh itu bisa ikut terbuang bersama feses. Ingat, kandungan estrogen yang tinggi merupakan penyebab utama PMS. Contoh makanan yang bisa dikonsumsi: beras, sayur, buah. Hindari makan daging karena mengandung lemak jenuh yang bisa memperburuk gejala PMS

2. Kurangi Konsumsi Gula
Makanan manis dan karbohidrat olahan seperti roti putih dan pasta bisa menghambat eksresi estrogen dalam tubuh. Makan makanan ini bisa mengakibatkan penumpukan ekstrogen. Wanita dengan kadar gula yang tinggi cenderung memiliki gejala PMS lebih sering daripada mereka yang tidak (Michael Murray dalam ensiklopedia of natural medicine)

3. Kurangi Konsumsi Kafein
Hindari teh dan kopi yang mengandung kafein, apalagi jika mengalami gangguan tidur atau nyeri payudara.

4. Perbanyak Konsumsi Kedelai
Kedelai mengandung phytoestrogen yang mengikat estrogen sehingga bisa menyeimbangkan kadar estrogen. Mengkonsumsi tahu dan tempe baik untuk mengurangi gejala PMS.

5. Kurangi Cemilan Asin
Garam bisa membuat perut merasa kembung karena bisa membuat tekanan pada ginjal. Jika ginjal bekerja dengan berat, itu akan menghambatnya mengeluarkan cairan.

6. Tambah Vitamin B6
Vitamin B6 baik karena termasuk diuretik sehingga membantu mengurangi air dalam tubuh melalui air seni. Makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain polong-polongan, ikan, biji-bijian, kubis, kembang kol, telur, rumput laut

7. Tambah Magnesium Dan Kalsium
Wanita PMS memiliki kadar magnesium yang lebih rendah. Akibatnya, mereka mengalami sakit kepala, kelelahan, lekas marah, sakit dan nyeri. Magnesium bisa diperoleh dari biji labu, beras, rumput laut, seafood, dan tahu. Sedangkan, kalsium bisa diperoleh dari sarden dan ikan salmon.

sumber : onthespot7langka.blogspot.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses to “Tips Mengatasi Nyeri Haid atau PMS”

  1. Nice info, huge thanks to you. I enjoyed your own unique writing style. You wrote some clear points there. Thankful that I’ve found your blog. It’s so helpful. Thanks again and good luck!

  2. cara menurunkan berat badan…

    [...]Tips Mengatasi Nyeri Haid atau PMS | BukanRahasiaLagi[...]…

Leave a Reply